Audit Siklus Pendapatan




  1.    Sifat Siklus Pendapatan
Siklus pendapatan (revenue cycle) perusahaan terdiri dari aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan pertukaran barang dan jasa dengan pelanggan dan penagihan pendapatan dalam bentuk kas. Perusahaan yang berbeda juga memiliki sumber pendapatan yang berbeda. Sebagai contoh, perusahaan barang dagang dan pabrikasi yang melakukan penjualan; dokter, pengacara, akuntan publik yang menerima uang jasa (fee); serta bioskop, bank serta lembaga keuangan yang menerima bunga dan deviden. Kebanyakan pembahasan dan ilustrasi dalam makalah ini didasarkan pada perusahaan barang dagang.
Usaha perusahaan barang dagang, kelompok transaksi yang termasuk dalam siklus pendapatan adalah :
·       penjualan kredit (penjualan yang dilakukan derngan hutang)
·       penerimaan kas (penagihan piutang dan penjualan tunai)
·       penyesuaian penjualan (potongan, retur penjualan dan pengurangan harga serta piutang tak tertagih (penyisipan dan pengapusan).
Transaksi-transaksi diatas mempengaruhi akun-akun yang diuraikan pada tabel di bawah ini :

Tabel 1.1 Siklus Pendapatan
Transaksi Pendapatan
Debit
Kredit
Penjualan Kredit
Piutang Usaha
Harga Pokok Penjualan
Penjualan
Persediaan
Penerimaan Kas
Kas
Diskon Penjualan
Piutang Usaha
Retur Penjualan dan Pengurangan Harga
Retur Penjualan dan
Pengurangan Harga

Piutang Usaha
Penyisihan Piutang Tak Tertagih
Beban Piutang Tak Tertagih

Penyisihan untuk Piutang Tak Tertagih
Penghapusan Piutang Tak Tertagih
Penyisihan untuk Piutang Tak Tertagih
Piutang Usaha


  2.    Tujuan Audit
Tujuan audit siklus pendapatan berkaitan dengan perolehan bukti kompeten yang mencukupi tentang setiap asersi laporan keuangan yang signifikan menyangkut saldo dan transaksi siklus pendapatan. Asersi tersebut menunjukkan derajat asersi manajemen terhadap informasi keuangan yang secara eksplisit dinyatakan dalam laporan keuangan. Untuk mencapai setiap tujuan audit spesifik seperti yang diuraikan di Tabel 1.2 auditor dapat menggunakan bebagai bagian dari perencanaan audit dan metodologi pengujian audit.

Tabel 1.2  Tujuan Audit Spesifikasi Untuk Siklus Pendapatan
Tujuan Audit Siklus Pendapatan
Occurrence
(Keterjadian)
a.      Memverifikasi bahwa saldo akun piutang usaha mewakili jumlah yang benar-benar dipinjam perusahaan pada tanggal laporan posisi keuangan terkait.
b.     Memastikan bahwa pendapatan dari berbagai transaksi penjualan mewakili barang yang dikirim dan jasa yang diberikan selama periode yang termasuk dalam laporan keuangan.
Completeness
(Kelengkapan)
a.      Menentukan bahwa semua jumlah yang dipinjam perusahaan pada tanggal laporan posisi keuangan telah tercermin dalam piutang usaha.
b.     Memverifikasi bahwa semua penjualan barang yang dikirim, semua jasa yang diberikan, dan semua retur dan kompensasi untuk periode terkait, telah tercermin dalam laporan keuangan.
Accuracy
(Akurasi)
a.      Memverifikasi bahwa transaksi pendapatan dihitung secara akurat dan didasarkan pada harga terkini dengan jumlah yang benar.
b.     Memastikan bahwa buku pembantu piutang usaha, file Faktur Penjualan, dan file Pemberitahuan Pengiriman Uang secara matematis benar dan sesuai dengan akun terkait pada buku besar.
Rights and Obligations
(Hak dan Kewajiban)
Menentukan bahwa perusahaan memiliki hak legal untuk mencatat piutang usaha yang dicatatnya. Akun pelanggan yang telah dijual atau telah dipindahtangankan memang telah dikeluarkan dari saldo piutang usaha.
Valuation and Allocation
(Penilaian dan alokasi)
a.      Menentukan bahwa saldo piutang usaha menyatakan nilai bersih yang dapat direalisasikan.

b.     Memastikan bahwa alokasi atas akun piutang tak tertagih telah tepat.
Presentation and Disclosure
(Penyajian dan Pengungkapan)
Memverifikasi piutang usaha dan pendapatan yang dilaporkan untuk periode terkait, telah dijelaskan dengan benar dan dimasukkan dalam laporan keuangan.


  3.    Pemahaman Bisnis dan Industri Klien
Langkah pertama yang dilakukan adalah memperoleh pemahaman bisnis dan industri klien dalam kaitannya dengan strategi audit, sehingga  akan membantu auditor dalam mengembangkan ekspektasi tentang:
·       Total pendapatan: memahami kapasitas klien, pasar dan pelanggan klien.
·       Marjin kotor dengan memahami pangsa pasar (market share) dan keunggulan kompetitif klien di pasar.
·       Piutang bersih berdasarkan periode penagihan rata2 untuk klien dan industri.
Disamping itu, proses menghasilkan pendapatan ini juga memerlukan beberapa beban (seperti, harga pokok penjualan atau beban penjualan), sehingga pemahaman mengenai mengenai siklus pendapatan dapat membantu mengembangkan ekspektasi pengeluaran perusahaan yang berkaitan denagan siklus tran saksi lainya dan menilai resiko bahwa laba yang mengandung salah saji yang material belum diaudit.
  a.      Materialitas
Total pendapatan dijadikan ukuran yang materialitas karena dapat menimbulkan piutang usaha dan kas akhir serta arus kas dari operasi. Piutang usaha yang disebabkan oleh transaksi penjualan kredit hampir selalu bersifat material terhadap neraca.

   b.     Risiko Inheren
Dalam menilai risiko inheren pada asaesi siklus pendapatan, auditor harus mempertimbangkan faktor pervasive yang mempengaruhi asersi dalam beberapa siklus, termasuk siklus pendapatan.
Faktor-faktor yang mendorong manajemen untuk mensalah sajikan asaersi siklus pendapatan yaitu menyatakan pendapatan yang tertalu tinggi  dan menyatakan tertalu tinggi kas atau piutang kotor atau tertalu rendah penyisihan piutang tak tertagih. Faktor-faktor lain yang dapat menimbulkan salah saji dalam asersi siklus pendapatan:
·       Volume penjualan, penerimaan kas dan penyesuaian penjualan yang tinggi.
·       Penentuan waktu dan jumlah pendapatan seringkali bertentangan, seperti dengan standar akuntansi.
·       Mengklasifikasikan piutang sebagai hutang lancar atau tidak lancar karena sifat penagihannya.
·       Transakjsi penerimaan kas menghasilkan aktiva likuid yang rentan terhadap misapropriasi.
·       Transaksi penerimaan penjualan digunakan untuk menyembunyikan penerimaan kas.

  c.      Risiko Prosedur Analitis
Risiko ini merupakan unsur risiko deteksi bahwa prosedur analitis akan gagal mendeteksi salah saji yang material yang merupakan cara yang efektif untuk pemahaman bisnis dan usaha klien. Langkah-langkah yang ditempuh yaitu:
·       Memperoleh pemahaman tentang kapasitas klien.
·       Memahami pangsa pasar klien
·       Mengevaluasi hari perputaran piutang usaha.

  4.    Mempertimbangkan Komponen Pengendalian Internal

1.     Lingkungan Pengendalian
Lingkungan pengendalian terdiri dari beberapa faktor yang dapat mengurangi beberapa resiko inheren yang berkaitan dengan siklus pendapatan. Disamping itu, factor-faktor ini juga dapat meningkatkan atau mengurangi keefektifan komponen pengendalian internal lainnya dalam mengendalikan resiko salah saji pada asersi siklus pendapatan. Faktor lingkungan pengendalian yang penting untuk mengurangi resiko pencurangan pelaporan keuangan dengan menyajikan terlalu tinggi pendapatan dan piutang, misalnya, adopsi manajemen serta ketaatan terhadapan standar integritas dan nilai-nilai etika yang tinggi.


2.     Penilaian Resiko
Penilaian resiko manajemen untuk tujuan pelaporan keuangan adalah sama dengan penilaian inheren oleh auditor eksternal. Upaya yang cermat oleh sebagian manajemen untuk mengidentifikasi jenis-jenis resiko yang bekaitan dengan saldo dan transaksi siklus pendapatan.
3.     Informasi dan Komunikasi (Sistem Akuntansi)
Pemahaman atas sistem akuntansi pendapatan memerlukan pengetahuan tentang bagaimana.
·       Penjualan diawali
·       Barang dan jasa diberikan
·       Piutang dicatata
·       Kas diterima
·       Penyesuaian penjualan dilakukan, termasuk metode pemrosesan data serta dokumen penting dan catatan yang digunakan.
4.     Pemantauan (Monitoring)
Komponen ini harus memberikan menajemen umpan balik tentang apakah pengendalian internal yang berkaitan dengan saldo dan transaksi siklus pendapatan telah beroperasi seperti yang diharapkan. Auditor harus memproses pemahaman tentang umpan balik ini dan apakah manajemen telah mengawali setiap tindakan korektif berdasarkan informasi yang diterima dari aktivitas pemantauan.
5.     Penilaian Awal atas Resiko Pengendalian dan Strategi Audit Pendahuluan
Pada saat auditor memproleh bukti tentang keefektifan operasi pengendalian internal yang berkaitan dengan prosedur untuk memperoleh pemahaman, Auditor dalam kasus semacam itu, kepastian yang terbatas mungkin diperoleh tentang keefektifan pengendalian yang terutama didasarkan atas prosedur yang mencangkup pengajuan pertanyaan, observasi, dan beberapa inspeksi atas bukti yang didokumentasikan. Banyak auditor akan menilai resiko pengendalian untuk asersi tertentu secara sepintas dibawah atau diatas maksimum.

  5.    Aktivitas Pengendalian Transaksi Penjualan Kredit
Dokumen dan catatan umum, yang digunakan yaitu pesanan pelanggan, pesanan penjualan, dokumen pengiriman, faktur penjualan, daftar harga yang diotorisasi, file transaksi penjualan, jurnal penjualan, file induk pelenggan dan piutang usaha. Fungsi-fungsi pendapatan:
·       Memprakarsai penjualan (penerimaan pesanan & persetujuan kredit)
·       Pengiriman barang dan jasa (pemenuhan & pengiriman pesanan penjualan)
·       Pencatatan penjualan (penagihan pelanggan & pencatatan penjualan)
Untuk merencanakan audit maka auditor harus memperoleh pemahaman terhadap siklus pendapatan agar dapat 1) mengidentifikasi jenis salah saji yang potensial   2) mempetimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhi salah saji yang material dan 3) merancang pengujian subtansif.

Pisah Batas Penjualan
Sebagian besar klien perusahaan dagang dan perusahaan manufaktur mencatat penjualan berdasarkan criteria pengiriman barang. Akan tetapi, ada beberapa perusahaan mencatat faktur pada saat hak atas barang beralih, yang dapat terjadi sebelum pengiriman, pada saat pengiriman, atau setelah pengiriman.
Bagian yang paling penting ketika mengevaluasi metode klien untuk memperoleh pisaj batas yang dapat diandalkan adalah menentukan prosedur yang akan digunakan. Jika klien mengeluarkan dokumen pengiriman yang telah dipranomori secara berurutan, biasanya mudah untuk mengevaluasi dan menguji pisah batas.
Jika pengendalian internal klien sudah memadai, biasanya auditor dapat memverifikasi pisah batas dengan memperoleh nomor dokumen pengiriman untuk pengiriman terakhir yang dilakukan pada akhir periode dan membandingkan nomor tersebut dengan penjualan yang dicatat pada periode berjalan atau periode selanjutnya.

Pengujian Rincian Saldo Piutang Usaha
Dalam merancang pengujian atas rincian saldo untuk piutang usaha, auditor harus memenuhi masing-masing dari delapan tujuan audit yang berkaitan dengan saldo. Kedelapan tujuan umum tersebut sama bagi semua akun. Jika diterapkan secara khusus pada piutang usaha, hal tersebut sebagai tujuan audit yang berkaitan dengan saldo piutang usaha (accounts receivable-related audit objectives) adalah sebagai berikut :
  1.     Piutang usaha dalam neraca saldo sama dengan jumlah file induk terkait, dan totalnya telah ditambahkan dengan benar serta sama dengan buku besar umum
   2.     Piutang usaha yang dicatat ada (Keberadaan)
   3.     Piutang usaha yang ada telah dicantumkan (Kelengkapan)
   4.     Piutang usaha sudah akurat (Keakuratan)
   5.     Piutang usaha sudah diklasifikasikan dengan benar (Klasifikasi)
   6.     Pisah batas piutang usaha sudah benar (Pisah batas)
   7.     Piutang usaha dinyatakan pada nilai realisasi (Nilai realisasi)
   8.     Klien memiliki hak atas piutang usaha (Hak)

Pengujian Substansif Atas Piutang Usaha
1.     Prosedur awal, yaitu memperoleh pemahaman tentang bisnis dan usaha klien dan melaksanakan prosedur awal atas saldo dan catatan piutang usaha yang menjadi sasaran lebih lanjut.
2.     Prosedur analisis, yaitu melaksanakan prosedur analisis dengan mengembangkan harapan tentang piutang usaha, menghitung rasio piutang dan penjualan serta menganalisinya.
3.     Pengujian rincian transaksi, yaitu memvoaching sampel catatan transaksi penjualan dan piutang, dan melaksanakan pengujian pisah batas.
4.     Pengujian rincian saldo, yaitu mengkonfirmasikan piutang usaha.
5.     Pengujian rincian saldo, estimasi akuntansi (penyisihan piutang)
6.     Prosedur yang dibutuhkan  penyajian dan pengungkapan yaitu mengkonfirmasikan piutang dan membandingkan penyajian laporan dgn SAK.

Tujuan Pengujian Substantive terhadap Piutang Usaha:
  1.     Memperoleh tentang keyakinan tentang keandalan catatan akuntansi
  2.     Membuktikan keberadaan piutang usaha dan keterjadian transaksi yang terkait
  3.     Membuktikan kelengkapan transaksi yang dicatat
  4.     Membuktikan kewajaran penilaian piutang usaha dan kewajaran penyajian  serta pengungkapan piutang usaha di neraca.

Konfirmasi Piutang Usaha
Tujuan utama konfirmasi piutang usaha adalah untuk memenuhi tujuan eksistensi, keakuratan serta pisah batas. Standar auditing mengharuskan konfirmasi piutang usaha dalam situasi normal. SAS 67 (AU 330) menyediakan tiga pengecualian terhadap keharusan menggunakan konfirmasi:
·       Piutang usaha tidak material
·       Auditor mempertimbangkan konfirmasi bukti yang tidak efektif karena tingkat responnya kemungkinan tidak akan memadai atau tidak dapat diandalkan.
·       Gabungan tingkat risiko inheren dan risiko pengendalian rendah dan bukti substantif lainnya dapat diakumulasikan untuk menyediakan bukti yang mencukupi.
Dalam melakukan prosedur konfirmasi, pertama auditor harus memutuskan jenis konfirmasi yang akan digunakan :
   1.     Konfirmasi Positif
Adalah komunikasi dengan debitor yang meminta pihak penerima untuk mengkonfirmasi secara langsung apakah saldo yang dinyatakan pada permintaan konfirmasi itu benar atau salah.
·       Formulir konfirmasi kosong
Adalah jenis konfirmasi positif yang tidak menyatakan jumlah pada konfirmasi tetapi meminta penerimanya untuk mengisi saldo atau melengkapi informasi lainnya.
·       Konfirmasi faktur
Adalah jenis konfirmasi positif lainnya dimana setiap faktur akan dikonfirmasi, dan bukan saldo piutang usaha pelanggan secara keseluruhan.

  2.     Konfirmasi Negatif
Konfirmasi negatif juga diajukan kepada debitor tetapi hanya akan meminta respon jika debitor tidak setuju dengan jumlah yang dinyatakan. Penentuan jenis konfirmasi mana yang akan digunakan berada di tangan auditor dan harus berdasarkan fakta dalam audit. SAS 67 menyatakan bahwa penggunaan konfirmasi negatif hanya dapat diterima jika seluruh situasi berikut tersedia :
·       Piutang usaha tercipta dari sejumlah besar akun-akun yang kecil.
·       Penilaian risiko pengendalian dan risiko inheren gabungan adalah rendah.
·       Tidak ada alasan untuk percaya bahwa penerima konfirmasi tidak mungkin memberikan pertimbangannya.

 6.  Aktvitas Pengendalian Transaksi Penerimaan Kas
Penerimaan kas merupakan hasil dari beberapa aktivitas. Sebagai contoh, kas diterima dari transaksi pendapatan, pinjaman janka pendek dan pinjaman jangka panjang, serta aktiva lainnya. Lingkup bagian ini dibatasi pada penerimaan kas dari penjualan tunai dan penagihan dari pelanggan atas penjualan kredit. Dokumen dan catatan penting yang digunakan dalam pemerosesan penerimaan kas adalah sebagai berikut:
·       Bukti penerimaan uang (remittance advice). Dokumen yang dikirim kepelanggan bersama dengan faktur penjualan yang kemudian akan dikembalikan bersama pembayaran yang menunjukan nama pelanggan serta nomor akun, nomor faktur, dan jumlah yang dibayar (misalnya, bagian tagihan telepon yang dikembalikan bersama dengan pembayaran)
·       Pendaftaran. Daftar penerimaan kas yang diterima melalui pos
·       Lembar perhitungan kas. Daftar kas dan cek dalam register kas. Daftar ini digunakan dalam merekonsiliasi total penerimaan dengan total yang dicetak oleh register kas
·       Ikhtisar kas harian. Laporan yang menunjukan total penerimaan melalui kasir (over-the-counter) atau pos yang diterima oleh kasir sebagai setoran
·       Slip deposit yang disahkan. Daftar yang dibuat oleh penyetor dan distempel oleh bank yang menunjukan tanggal serta total setoran yang diterima bank dan rincian penerimaan dalan setoran tersebut
·       File transaksi penerimaan kas. File komputer atas transaksi penerimaan kas yang telah disahkan yang diterima untuk pemerosesan, file ini digunakan untuk meperbaharui file induk piutamh usaha.
·        Jurnal penerimaan kas. Jurnal yang berisi daftar penerimaan kas dari penjualan tunai dan penagihan piutang usaha.
       Fungsi penerimaan kas, yang meliputi pemrosesan penerimaan dari penjualan tunai dan kredit,  termasuk subfungsi berikut:
·         Menerima penerimaan kas
·         Menyetorkan kas ke bank
·         Mencatat penerimaan kas.

Pisah Batas Penerimaan Kas
Lebih mudah menguji salah saji pisah batas penerimaan kas dengan menelusuri penerimaan kas yang dicatat ke setoran bank periode selanjutnya pada laporan bank. Jika terjadi penundaan selama beberapa hari, hal tersebut dapat menunjukkansalah saji pisah batas.
Hingga tingkat tertentu, auditor juga mungkin bergantung pada konfirmasi piutang usaha untuk mengungkapkan salah saji pisah batas penjualan, retur dan pengurangan penjualan, serta penerimaan kas.
Akan tetapi, sering kali sulit membedakan salah saji pisah batas dengan perbedaan waktu (timing difference) yang normal akibat pengiriman dan pembayaran yang masih dalam perjalanan pada akhir tahun.

  7.    Aktivitas Pengendalian Transaksi Penyesuaian Penjualan
Transaksi penyesuaian penjualan meliputi pemberian potongan tunai, pemberian retur penjualan & pengurangan harga serta penentuan piutang tak tertagih. Untuk pengendalian aktivitas pengendaliannya maka diperlukan otorisasi terhadap transaksi penyesuaian penjualan, penghitungan independen atas barang-barang, penggunaan dokumen dan catatan yang tepat serta pemisahan tugas otorisasi.
Dalam banyak perusahaan, jumlah dan nilai unag dari nilai transaksi ini tidaklah material. Namun, bagi beberapa perusahaan, potensi salah saji yang diakibatkan oleh kesalahan dan penyelewengan dalam pemrosesan transaksi ini perlu dipertimbangkan. Perhatian utamanya tertuju pada kemungkinan pencatatan transaksi penyesuaian penjualan fiktif untuk menyembunyikan penyelewengan dalam proses penerimaan kas. Misalnya, seorang karyawan dapat menggelapkan kas yang diterima dari pelanggan dan menutupi penyelewengan yang dilakukannya dengan menghapus akun pelanggan terhadap penyisihan piutang tak tertagih.
Auditor melakukan pengujian pengendalian untuk memperoleh bukti tentang keefektifan perencanaan dan operasi sistem pengendalian internal perusahaan. Resiko inheren yang berkaitan dengan transaksi penerimaan kas adalah tinggi akibat kemungkinan penipuan oleh kayawan melalui pengalihan penerimaan kas. Jika prosedur analitis menunjukan kenaikan jumlah hari piutang beredar, maka hal ini mungkin dapat menjelaskan pengalihan penerimaanh kas itu. Akibat resiko inheren atas penggelapan kas, dan dampak transaksi penerimaan kas terhadap piutang, auditor seringkali akan menguji prosedur pengendalian yang berkaitan dengan penerimaan kas. Jika tujuan pengendalian telah dicapai melalui prosedur pengendalian terprogram, maka auditor akan merencanakan lingkup pengujian yang meliputi pengujian atas.
  1.     Pengendalian umum dengan komputer
  2.     Pengendalian aplikasi komputer 
  3.     Keefektifan prosedur tindak lanjut manual

Daftar Pustaka

Boyton, William C. dan Raymond N. Johnson. 2006. Modern Auditing : Assurance Services, and the Integrity of Financial Reporting Eighth Edition. United States of America : John Wiley & Sons, Inc.
Ratna Novita. 2011. Audit Atas Siklus Pendapatan http://ratnanovita114.blogspot.com/2011/09/audit-atas-siklus-pendapatan.html (diakses 28 Oktober 2013)
Ni Made Suartini. 2013. Audit Siklus Pendapatan,  http://dexsuar.blogspot.com/2013/07/audit-siklus-pendapatan.html (diakses 28 Oktober 2013)




Comments

  1. Makasih tulisannya sangat membantu :)

    ReplyDelete
  2. In this manner my buddy Wesley Virgin's tale launches in this SHOCKING and controversial video.

    As a matter of fact, Wesley was in the army-and shortly after leaving-he found hidden, "MIND CONTROL" tactics that the government and others used to obtain whatever they want.

    These are the EXACT same methods tons of famous people (especially those who "became famous out of nothing") and top business people used to become rich and famous.

    You probably know that you only use 10% of your brain.

    That's because most of your brainpower is UNTAPPED.

    Maybe that expression has even occurred IN YOUR very own head... as it did in my good friend Wesley Virgin's head 7 years back, while driving an unlicensed, beat-up garbage bucket of a car without a driver's license and $3.20 in his bank account.

    "I'm so frustrated with living paycheck to paycheck! When will I finally succeed?"

    You took part in those types of conversations, isn't it right?

    Your own success story is going to be written. You just need to take a leap of faith in YOURSELF.

    Watch Wesley Virgin's Video Now!

    ReplyDelete
  3. Terimakasih tulisannya sangat izin untuk jadi referensi saya

    ReplyDelete
  4. Terimakasih tulisannya sangat izin untuk jadi referensi saya

    ReplyDelete
  5. Terimakasih tulisannya sangat izin untuk jadi referensi saya

    ReplyDelete
  6. Artikel yang sangat bagus dan menarik untuk dipahami. Audit siklus pendapatan tentu dapat dipermudah dengan menggunakan aplikasi sales order.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Visi dan Misi Perusahaan Besar di Indonesia

Balanced Scorecard: SISTEM MANAJEMEN KINERJA