Manajemen persediaan, just-in-time, dan kalkulasi biaya backflush
Manajemen persediaan dalam organisasi
ritel
Manajemen persediaan mencakup altivitas perencanaan,
pengorganisasian dan pengendalian yang berhubungan dengan arus persediaan
kedalam, melalui, dan keluar dari suatu organisasi.
Kroger
costce wal-mart
Pendapatan 100,0% 100,0% 100,0%
Dikurangi biaya:
Harga
pokok penjualan 73,7% 87,6% 77,5%
Biaya
penjualan dan administrasi 19,2% 9,6% 17,5%
Biaya
lainnya, bunga, dan pajak 6,5% 1,2% 1,5%
Total
biaya 99,4% 98,4 % 96,5%
Laba bersih 0,6% 1,6% 3,5%
Persentase laba bersih terhadap pendapatan sangat rendah.
Ini berarti bahwa memperbaiki pembelian dan manajemen barang yang akan dijual
dapat menyebabkan persentase kenaikan laba bersih yang dramatis.
Biaya yang
berhubungan dengan barang yang akan dijual
Mengelola persediaan untuk meningkatkan laba bersih
menyebabkan perusahaan harus mengelola biaya yang berada dalam lima kategori
berikut secara efektif:
1.
Biaya pembelian (purchasing costs)- harga pokok
barang yang diperoleh dari pemasok, termasuk ongkos angkut. Biaya-biaya
tersebut biasanya merupakan kategori biaya barang yang akan dijual yang
terbesar. Diskon atas berbagai ukuran pesanan pembelian dan pemasok akan mempengaruhi
biaya pembelian.
2.
Biaya pemesanan (ordering costs)- biaya
mempersiapkan dan menerbitkan pesanan pembelian, menerima dan memeriksa item
yang dimasukkan kedalam pesanan, dan mecocokkan faktur yang diterima, pesanan
pembelian, serta catatan pengiriman untuk melakukan pembayaran.
3.
Biaya penyimpanan (carrying costs)- biaya yang
akan terjadi ketika menyimpan persediaan barang yang akan dijual. Biaya
penyimpanan termasuk biaya opportunitas investasi yang terikat dalam persediaan
dan biaya yang berkaitan dengan penyimpanan seperti sewa tempat, asuransi,
keusangan, kerusakan dan penciutan.
4.
Biaya kehabisan persediaan (stockout costs)-
biaya yang terjadi ketika perusahaan kehabisan persediaan yang diminta oleh
pelanggan dan perusahaan harus bertindak cepat untuk memenuhi permintaan
tersebut atau harus mengalami kerugian karena tidak memenuhinya.
5.
Biaya kualitas (quality costs)- biaya yang
terjadi apabila fitur atau karakteristik atas produk atau jasa tidak sesuai
dengan spesifikasi pelanggan.
Model keputusan
economic order quantity
Kuantitas pesanan yang ekonomisadalah model keputusan yang
menurut serangkaian asumsi tertentu, menghitung kuantitas optimal persediaan
yang akan dipesan. Versi model EOQ yang paling sederhana mengasumsikan hanya
ada biaya pemesanan seta penyimpanan, dan model tersebut juga mengasumsikan:
a.
Kuantitas yang sama dipesan pada setiap titik
pemesanan kembali.
b.
Permintaan, biaya pemesanan, dan biaya
penyimpanan sudah diketahui dengan pasti. Waktu tenggang pesanan pembelian yang
merupakan waktu antara melakukan pesanan dan pengirimannya juga diketahui
dengan pasti.
c.
Biaya pembelian per unit tidak terpengaruh oleh
kuantitas yang dipesan. Asumsi inimembuat biaya pembelian menjadi tidak relevan
untuk menentukan EOQ karena biaya pembelian semua unit yang diperoleh akan
sama, tanpa memandang ukuran pesanan unit tersebut.
d.
Tidak terjadi kehabisa persediaan. Dasar asumsi
ini adalah bahwa biayakehabisan persediaan sedemikian tinggi sehingga manajer
mempertahankan persediaan yang cukup untuk mencegahnya.
e.
Dalam menentukan unkuran pesanan pembelian,
manajer mempertimbangkan biaya kualitas hanya sejauh biaya tersebut
mempengaruhi biaya pemesanan atau penyimpanan.
Berdasarkan asumsi tersebut, analisis EOQ mengabaikan biaya
pembelian, biaya kehabisan persediaan, dan biaya kualitas. EOQ merupakan
kuantitas pesanan yang meminimalkan biaya pemesanan dan penyimpanan yang
relevan.
Total biaya yang relevan = biaya pemesanan yang relevan +
biaya penyimpanan yang relevan
Sebagai contoh: video galore membeli kaset video kosong dari
sontek dengan harga $14 per paket (setiap paket terdiri dari 10 kaset). Sontek
membayar semua ongkos angkut. Inspeksi pada video galore tidak perlu dilakukan
karena sontek memasok barang dagang yang berkualitas. Permintaan tahunan video
galore adalah 13.000 paket, dengan tingkatan 250 paket per minggu.video galore
menyaratkan tingkat pengembalian atas investasi tahunan sebesar 15 %. Waktu
tenggan pesanan pembelian adalah 2 minggu. Biaya pemesanan yang relevan per
pesanan pembelian adalah $200.
Biaya penyimpanan yang relevan perpaket per tahun adalah:
Tingkat pengembalian atas investasi tahunan yang
disyaratkan, 0,15 $2,10
$14
Asuransi yang relevan, penanganan bahan, kerusakan,
penciutan,
dan lain sebagainya pertahun 3,10
total $5,20
berapa EOQ dari paket kaset video? Rumus untuk model EOQ
adalah:
EOQ=
Dimana :
D= permintaan dalam unit selama satu
periode tertentu (satu tahun)
P= biaya pemesanan yang relevan per
pesanan pembelian
C= biaya penyimpanan yang relevan atas
satu unit yang disimpan selama periode waktu yang digunakan untuk D (satu
tahun)
EOQ=
Membeli 1.000 paketper pesanan akan
meminimalkan total biaya pemesanan dan penyimpanan yang relevan. Karena itu
jumlah pengiriman setiap periode adalah:
Total biaya yang relevan tahunan untuk
setiapa kuantitas pesanan, Q, kemudian dapat dihitung sbb:
RTC = biaya pemesanan yang relevan tahunan + biaya
penyimpanan yang relevan tahunan
=
x
+
x
=
+
= DP/Q +QC/2
Dalam rumus ini, Q
dapat berupa setiap kuantitas pesanan, bukan hanya EOQ. Jika Q = 1.000 unit
RTC = 13.000 x
$200/1000 +1.000 x $,20/2
= $2.600 + $2.600 = $5.200
Kapan melakukan pesanan, denngan asumsi sudah pasti
Keputusan kedua dalam
mengelola barabng yang akan dijual adalah kapan melakukan pesanan atas produk
tertentu. Titik pemesanan kembali adalah tingkat kuantitas persediaan yang ada
ditangan yang memicu pesanan pembelian baru. Titik pemesanan kembali paling
muidah dihitung jika baik permintaan maupun waktu tenggang pesanan pembelian
sudah diketahui dengan pasti:
Titik pemesanan kembali
= jumlah unit yang terjual per unit waktu x waktu tenggang pesanan pembelian
Dalam contoh video
galore, kita memilih satu minggu sebagai unit waktu pada rumus titik pemesanan
kembali:
EOQ 1.000
paket
Jumlah unit yang
terjual perminggu 250 paket per minggu
Waktu tenggang pesanan
pembelian 2minggu
Titik pesanan kembali=
250 paket per minggu x 2 minggu = 500 paket
Video galore akan memesan
1.000 paket setiap kali persediaan mencapai 500 paket.jika waktu tenggang
pesanan pembelian adalah 2 minggu, pesanan baru akan dilakukan ketika tingkat
persediaan mencapai 500paket, sehingga 1.000 paket yang dipesan akan diterima
tepat pada waktu persediaan mencapai nol.
Comments
Post a Comment